Kembali
Zakat Perniagaan

Zakat Perniagaan

Rp 30.100
0.0301% Complete
Terkumpul dari Rp 100.000.000,-
Zakat Sekarang
Zakat Sekarang

Zakat Perdagangan dan Perseroan atau yang disebut juga dengan Zakat Tijarah, adalah zakat yang dikeluarkan atas kepemilikan harta yang diperuntukkan untuk kegiatan jual-beli.
Zakat ini tidak terbatas pada perusahaan.

Setiap orang yang melakukan niaga meskipun sendiri, tetap wajib berzakat ketika telah sampai pada ketentuan zakat perdagangan/perniagaan. Zakat perdagangan/perniagaan mengikat siapa aja yang melakukan usaha pada sektor perdagangan. Firman Allah dalam Surat At-Taubah ayat 103:


خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ


“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103).


Syarat yang harus dipenuhi untuk mengeluarkan zakat perniagaan adalah usaha telah berjalan selama setahun, dan laba bersih dari kegiatan perniagaan tersebut ditaksir telah mencapai zakat 85 gram Emas (dalam setahun), maka wajib membayarkan zakat sebesar 2,5%.

Hal tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari DPS (Dewan Pengawas Syariah) Lembaga ZISWAF CTARSA dan sudah selaras dengan Keputusan Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia ke-7 Tahun 2021 Tentang Zakat Perusahaan.

Muzakki

Default User
Riris
3 hari yang lalu
Zakat Rp 10.000
Default User
Riris Astia Hernanda
6 bulan yang lalu
Zakat Rp 10.000
Default User
S*********i
10 bulan yang lalu
Zakat Rp 10.000
Default User
Riris Astia Hernanda
10 bulan yang lalu
Zakat Rp 100

Tentang Kami

Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) CTARSA adalah Lembaga yang bergerak pada bidang pengumpulan Dana Sosial Islam berada di bawah naungan CTARSA FOUNDATION. Lembaga ZISWAF CTARSA menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 811 Tahun 2022 dan juga sudah terdaftar sebagai Nadzir Wakaf Uang dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) dengan Nomor 3.3.00302.
Pembayaran zakat melalui Ziswaf CTARSA tidak dipotong hak amil zakat (12,5%) karena seluruh biaya operasional ZISWAF CTARSA ditanggung oleh grup perusahaan CT Corp.